Cerita Ramadhan-Lebaran 1433 H (1)

Kawan-kawan semua.. Apakadabra? :D


Ok, kali ini sy akan coba cerita selama bulan ramadhan yang kmaren.. Mudah2an bermanfaat :)

Kampung Kauman


Kita semua tahu bahwa pada pelaksanaan puasa yang lalu (lagi2) pemerintah dan beberapa ormas islam memiliki pandangan yang berbeda untuk menentukan jatuhnya 1 ramadhan 1433 H. Kebetulan sy memulai puasa pada hari jum'at atau tanggal 20 Juli 2012, berharapnya sih dengan duluan puasa bakal duluan lebaran :D

ternyata pada akhir ramadhan diumumkan kalo seluruh umat islam bareng dalam melaksanan lebarannya.
Alhamdulillah akhirnya kita kompak juga hehe..
*dalam hati sbnernya ga trima :D


Pada bulan ramadhan mungkin hal yang luar biasa tantangannya selain puasa adalah Sholat Taraweh. Ya sholat taraweh sering dijadikan patokan dalam menentukan awal, tengah dan akhir ramadhan.

Rahasia umumnya adalah Shaf Rame ini adalah indikator Awal bulan ramadhan, Shaf Sedang adalah Indikator Tengah ramadhan, dan Shaf sedikit ato kritis adalah indikator akhir ramadhan.

Ada yang tau ini dimasjid mana?


Saya coba melakukan riset dalam melihat fenomena yang aneh bin ajaib ini. Dan inilah hasil dari riset yang sy lakukan:
1. Shaf Rame : kenapa Shaf solat tarweh rame ini sama seperti prinsip biologi pada kehidupan sehari-hari. Yakni Hangat-hangat Tahi Ayam. yang disingkat H2TA. Ya, semua orang terjangkit sindrom ini tanpa terkecuali hehe.

2. Shaf Sedang : sedangkan shaf sedang ini lebih diakibatkan oleh wabah sosial yang sering kita temukan istilah ini baik di Twitter, Facebook dan Acara2 Sahur, Yaitu GALAU. Jadi sindrom ini menyerang umur 10-20 tahun, ini disebabkan 2 faktor, faktor pertama adalah malas sedangkan faktor kedua adalah koneksi internet.

3. Shaf Kritis: Ini 90% disebabkan oleh angka ini --> "90 % Discount All Item". Nah, sebagian besar mereka yang niatnya mo taraweh eh lewat depan mol, matahari, ramayana dan sebangsanya kalah dengan ajakan dari kalimat yang rame terpampang di tempat2 tadi. Jadi lebih sibuk berburu baju baru dibandingkan nonton ustad jamaah oh jamaah hehe :D

Demikianlah hasil riset sy dengan metode "randomization unknown method" :D


Walaupun begitu, dari kegiatan sholat taraweh ada 2 hal yang saya catet tentunya yg menurut saya menarik:
a. Pemanfaatan Air Wudhu untuk Pembuatan Kolam ikan di Masjid oleh Ustad Muhammad. Dan beliau juga membagikan buku poket ini, yang membahas fenomena kebutuhan pokok yang meningkat selama ramadhan dan kenaikan harga serta tips bagaimana mengelola keuangan selama ramadhan.
Buku Poket yang bagiinnya akhwat :D


b. Cara Pengumpulan Sedekah yang persis seperti Proses Lelang-Tawar dalam membeli barang. Jadi semua jamaah taraweh buuaanyaakk banget yang sedekah dan nominalnya luarbiasa buanyaaakkk oleh ustad Yusuf Mansyur. (cara ini persis yang dilakukan oleh pengurus masjid Taqwa, pangkalan brandan - SUMUT dalam pemungutan infaq selepas taraweh)



huuuuufffffff.......
fuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.......................
*tariknafas

Ntar sambung lagi deh buat yang pas lebarannya :D

Wassalamu'alaikooomm.....

0 comments: