Bicara Geothermal Energy bersama Abdul Hamid Batubara

" Berhubung si Edoy udah mesen,
   yawdah sekalian saya buat postngan ini sebagai hadiah ulang tahun :) "


Sekedar permulaan, kemaren tepatnya selasa 10 juli 2012 saya di ajak sama ibal buat ikut seminar di KPFT UGM, alesan knp ngajak saya adalah krn temen2nya ga ada yg mau diajakin. trus, sy tanya itu seminar apa, ternyata seminar PT. Chevron Pacific Indonesia. dan inilah yang membuat saya sangat tertarik untuk menerima ajakan tadi.



Seminar tersebut diisi langsung oleh Presiden direktur PT. Chevron Pacific Indonesia, Bpk. Abdul Hamid Batubara. Ya dia adalah anak batak yg lahir di bandung. Beliau memulai seminar dengan bercerita bahwa dia adalah alumnus teknik elektro itb, lalu pada tahun 1982 bergabung ke Chevron dan pada awal karirnya disana adalah sebagai Programmer. (agak sensi sih profesi ini hehe)
lalu dengan dedikasi yang tinggi dan tentunya beliau bisa mencapa puncak perusahaan tersebut, berarti kurang lebih 30 tahun beliau berkarir dan sampai menjabat Presiden direktur. yg perlu di catat beliau adalah berasal dari keluarga yang relatif prihatin jd ini jg menjadi sebuah motivasi dan inspirasi, khususnya bagi saya.

Setelah menceritakan biografi beliau secara singkat, lalu beliau mencoba menjelaskan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) secara umum. Jadi CPI adalah sebuah perusahaan multi-nasional yang bergerak dibidang pemberdayaan sumber daya alam. mungkin hal yang sering kita dengar adalah sebagai perusahaan minyak dan sebagainya. ya itu benar, lebih tepatnya adalah perusahaan yg mengeksplorasi sumber daya alam di indonesia seperti oil, gas, batubara dan geothermal.

dari beberapa jenis sumber daya alam tersebut, mungkin sebagian besar kita masih asing dengan Geothermal (sumber:wiki) termasuk saya tentunya. hal yang umumnya kita dengar adalah bahwa cadangan "sumber daya alam indonesia menipis" atau "sumber daya alam indonesia akan habis dalam 15 tahun lagi" atau statement-statement lainnya. Namun beliau menjelaskan dengan menggarisbawahi bahwa ITU TIDAK BENAR, yg benar adalah bahwa sumber daya alam indonesia masih banyak yang belum tereksplorasi dan cadangan yang dimiliki bumi indonesia masih sangat melimpah. that's the point for me to clearly a common sense :)



Jadi adalah Geothermal sebuah sumber daya alam yang merupakan sumber yg masih sangat banyak di dalam bumi indonesia dengan sifat RENEWABLE ENERGY (Sumber daya alam yang dapat diperbaharui). Sumber-sumber energi geothermal ini sesuai dengan slide yg beliau sampaikan, itu terdapat di sepanjang laut selatan pulau sumatra, laut selatan pulau jawa hingga bali, di selat karimata antara pulau sumatera dan kalimantan, laut selatan sulawesi dan beberapa wilayah papua. Inilah hal yang ingin beliau jelaskan dan tekankan kepada kami semua peserta seminar.

Beberapa fakta yg beliau utarakan terkait energi geothermal ini adalah sbb:
1. Pengeksplorasian geothermal sudah dilakukan di 2 wilayah di indonesia, daerah lampung dan di off-shore selat karimata
2. Pemanfaatan energi geothermal sudah diaplikasikan sebagai bahan baku pembangkit tenaga listrik sebesar 1200 MW
3. Proyeksi hingga 2025 energi geothermal akan menjadi salah satu pemasok tenaga listrik sebesar 10000 MW
4. Belum ada satupun universitas di indonesia yang mempunyai jurusan/disiplin ilmu yang membahas khusus energi geothermal


Nah, dari beberapa fakta diatas itulah tujuan diadakannya Seminar Umum di UGM. Jadi seminar ini adalah rangkaian kegiatan MoU antara PT Chevron Pacific Indonesia dengan UGM untuk mendekatkan dunia industri dengan universitas/akademisi.

Hal positif dari adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara PT CPI dengan UGM adalah:
1. Adanya UPP (Unverisity Partnership Program) yang memberikan kontribusi langsung kepada pihak universitas dan mahasiswa ugm. seperti: akan dibangunnya LAB khusus oleh CPI di UGM, peningkatan kompetensi dosen dengan pemberian beasiswa ke New Zealand, adanya kurikulum yang sesuai dengan kompetensi yg dibutuhkan PT CPI.
2. Scholarship untuk mahasiswa UGM tentunya yg berprestasi
3. Internship mahasiswa UGM ke PT CPI bahasa kerenya Magang.


Inilah beberapa hal yang saya simpulkan terkait seminar PT Chevron Pacific Indonesia yang saya ikuti.




Sekianlah, akhirul kalam wassalamu'alaikum warhmatullahi wabarokatuh...
Selamat Ulang Tahun dab :D
Ojolali mangan2e hahahaah #teteeepp

nb: saya gak dapet doorprice abisnya ga nyambung, jd ga gt ngerti mo nanya apa :D

1 comments:

abimayu.com mengatakan...

hahaha, mantab. Bermanfaat seminarnya ya ternyata..
Sayang ane bukan anak UGM